RENCANA STRATEGIS (RENSTRA)
TAHUN DARI 2015 SD 2019
KEMENTERIAN PAN & RB

NO
TUJUAN
SASARAN STRATEGIS
INDIKATOR KINERJA
TARGET
2015
2016
2017
2018
2019
1
Terwujudnya Pemerintahan yang efektif dan efisien Peningkatan efektivitas pelaksanaan reormasi birokrasi Persentase instansi pemerintah (K/L) yang memiliki nilai indeks RB Baik (Kategori "B" ke Atas) 47 % 54 % 61 % 68 % 75 %
Persentase instansi pemerintah (Kab/Kota) yang memiliki nilai indeks RB Baik (Kategori "B" ke Atas) 5 % 15 % 25 % 35 % 45 %
Persentase instansi pemerintah (Prov) yang memiliki nilai indeks RB Baik (Kategori "B" ke Atas) 15 % 30 % 40 % 50 % 60 %
Tingkat persepsi mnasyarakat terhadap RB 6.4  6.7  7.3  7.6 
Peningkatan kelembagaan dan tatalaksana pemerintah yang tepat fungsi, tepat ukuran dan tepat proses Persentase IP Pusat yang menyelesaiakan penataan bisnis proses antar unit dalam satu instansi pemerintah 10 % 20 % 30 % 40 % 50 %
Jumlah urusan pemerintah strategis yang diriviu bisnsi prosesnya 3 urusan 3 urusan 3 urusan 3 urusan 3 urusan
Persentase lembaga yang efektif setelah penataan berdasarkan hasil evaluasi/audit 100 % 100 % 100 % 100 % 100 %
Terwujudnya tata laksana pemerintahan yang berbasis elektronik jumlah IP yang menerapkan tata kelola pemerintah berbasis IT 100 IP 200 IP 300 IP 400 IP 500 IP
2
Terwujudnya SDM aparatur yang kompeten dan kompetitif Terwujudnya SDM Aparatur yang kompeten Persentase IP yang sudah menerapkan pengisian jabatan sesuai standar kompetensi jabatan 20 % 40 % 60 % 80 % 100 %
Persentase IP yang menerapkan diklat minimal 5% dari jam kerja 20 % 40 % 60 % 80 % 100 %
Terwujudnya SDM aparatur yang kompetitif Persentase IP yang menerapkan pengisian jabatan secara terbuka 20 % 40 % 60 % 80 % 100 %
Jumlah IP yang menerapkan sistem penilaian kinerja individu "baik" 10 IP 50 IP 75 IP 100 IP 200 IP
3
Terwujudnya pemerintahan yang bersih, akuntabel dan berkinerja tinggi meningkatnya akuntabilitas kinerja nilai akuntabilitas kinerja rata-rata nasional 55  60  65  70  75 
Persentase IP yang penerapan sistem integritas "baik" 65 K/L 70 K/L 75 K/L 80 K/L 85 K/L
meningkatnya penerapan sistem integritas Skor Integritas nasional 45  50  55  60  65 
Persentase IP yang penerapan sistem integritas "baik" 46 % 52 % 58 % 64 % 70 %
jumlah IP yang memiliki unit kerja berpredikat WBK/WBBM
4
Terwujudnya Pelayanan publik yang baik dan berkualitas Meningkatnya kapasitas penyelenggaraan pelayanan publik Jumlah IP yang inovasinya mendapat pengakuan international 10  10  10  10  10 
Meningkatnya kualitas pelayanan publik indeks pelayanan publik nasional 2.5  2.75  3.5 
5
Terwujudnya Aparatur KemenPAN dan RB yang profesional dan berkinerja Tinggi Terwujudnya Kementerian PANRB yang bersih, akuntabel dan berkinerja tinggi Opini BPK 1 WTP 1 WTP 1 WTP 1 WTP 1 WTP
Nilai Akuntabilitas Kinerja "Baik" 1 A 1 A 1 A 1 A 1 A
Terwujudnya Kementerian PANRB yang efektif dan efisien Indeks RB "Baik"
Tingkat Efektivitas organisasi 60 Kategori II 65 Kategori II 70 Kategori II 75 Kategori III 80 Kategori III
Persentase penempatan yang sesuai persyaratan jabatan 50 % 55 % 65 % 75 % 80 %
Terwujudnya pelayanan publik Kementerian PANRB yang berkualitas Tingkat Kepuasan masyarakat terhadap pelayanan Kementerian PANRB 1 Baik 1 Sangat Baik 1 Sangat Baik 1 Sangat Baik 1 Sangat Baik
6
7
8